Logo Cahaya Agro
Article

Sudah Saatnya Bewirausaha Seperti Bisnis Bawang Goreng Untuk Pemula

Published 2 months ago

Bawang goreng memang bukan makanan asing di Indonesia

Bawang goreng memang bukan makanan asing di Indonesia, bahkan sudah menjadi teman untuk lauk pauk, masakan, sayur dan juga nasi. Bahkan bisa dijadikan cemilan jika kamu menyukainya bisa dijadikan snak atau camilan, jadi kamu sudah tidak herankan jika bisnis bawang goreng ini menjadi peluang bisnis yang menarik dan memiliki potensi.

Bagaimana memulai bisnis bawang goreng? Lalu bagaimana cara kita memulai dan membuat bawang goreng renyah dan berkualitas?, Sebelum kita pelajari mengenai bisnis ini, kita simak lebih dahulu apa itu bawang goreng.

1.Permintan Pasar

Bawang goreng, lebih dari sekedar bumbu biasa, ia adalah kunci kelezatan yang tak tergantikan di lidah masyarakat Indonesia. Ia menjelma pelengkap sempurna bagi ragam hidangan, mulai dari nasi goreng, mie goreng, soto, hingga sambal. Permintaan yang selalu tinggi dan stabil, membuka peluang emas bagi para pengusaha, baik kecil maupun besar, untuk menyelami lautan keuntungan di balik setiap gigitan bawang goreng yang renyah.

2. Modal Relatif Kecil 

Untuk memulai bisnis bawang goreng tidak membutuhkan modal besar. Hanya butuh bawang merah dan bawang putih yang gampang dicari dan murah. Alat masaknya pun standar, ada pisau, spatula, dan wajan. Dijamin kamu langsung bisa bikin deh!

3. Keuntungan yang Menjanjikan

Dari modal kecil, kamu bisa meraup untung berlipat ganda dengan bisnis bawang goreng, modalnya memang tak seberapa, tapi jangan salah sangka, keuntungannya bisa mencapai 50% hingga 100%! Jauh lebih tinggi daripada harga bawang mentah-nya.

4. Peluang Inovasi dan Kreativitas

Bisnis bawang goreng bukan hanya sebatas menggoreng bawang. Pengusaha dapat berinovasi dengan menciptakan berbagai varian rasa yang dapat produsen kembangkan, seperti bawang goreng pedas, bawang goreng asin, bawang goreng manis, dan bawang goreng keju.

5. Potensi Ekspor

Melalui program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian ini, dapat diketahui faktanya peluang ekspor bawang goreng bisa terbilang cukup besar. Pengusaha dapat memasarkan produknya ke beberapa negara. Berikut merupakan hasil dari beberapa negara yang memiliki potensi cukup tinggi seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina dan Amerika Serikat.