Logo Cahaya Agro
Article

Keunggulan Stainless Steel dalam Industri Pengolahan Makanan dan Minuman

Published 3 months ago

Keunggulan Stainless Steel dalam Industri Pengolahan Makanan dan Minuman

Di seluruh dunia, banyak perusahaan pengolahan makanan, pengemasan makanan, dan manufaktur minuman telah beralih ke stainless steel dalam metode produksinya. Mengapa stainless steel menjadi pilihan terbaik? Pabrik dan peralatan lama yang terbuat dari baja karbon atau aluminium sering menimbulkan berbagai masalah dalam pengolahan makanan. Baja karbon mudah berkarat dan mengalami korosi, menyebabkan biaya penggantian tinggi atau kegagalan peralatan. Aluminium, karena permukaannya yang lembut, dapat tergores atau mengalami masalah pitting dan retak yang memungkinkan korosi dan kontaminasi. Kedua material ini dapat menimbulkan masalah besar dalam produksi makanan dan minuman. Stainless steel adalah satu-satunya material yang tidak berkarat dan memiliki ketahanan terhadap korosi serta pitting yang dapat bertahan di lingkungan produksi dan pengolahan ini.

 

Keuntungan Menggunakan Stainless Steel

Ada banyak keuntungan menggunakan stainless steel dalam pengolahan makanan dan minuman. Keuntungan utama dari stainless steel adalah ketahanannya terhadap korosi. Stainless steel juga memiliki daya tahan dan ketahanan panas yang sangat baik. Karena ketahanan terhadap pitting dan permukaan berkualitas tinggi, stainless steel mudah dibersihkan dan dirawat. Manfaat lain yang spesifik untuk pengolahan makanan dan minuman adalah stainless steel bersifat netral terhadap makanan. Jadi, tidak akan mengubah warna, rasa, atau aroma makanan atau minuman. Stainless steel tentunya ramah lingkungan karena dapat digunakan kembali dan 100% dapat didaur ulang.

 

Aplikasi dan Ketersediaan Stainless untuk Makanan & Minuman

Aplikasi stainless steel untuk berbagai produk dalam pengolahan makanan dan minuman termasuk sistem konveyor, tangki, wadah, penyangga, bagian mesin, skids, platform, peralatan pengolahan, dan lainnya. Grade stainless steel yang paling umum digunakan dalam aplikasi pengolahan dan pengemasan adalah 316/L, atau yang sering disebut sebagai "stainless steel food grade". Banyak paduan stainless lainnya seperti 304/L, 347, 409, dan Duplex juga dapat digunakan dalam mesin dan peralatan untuk industri ini. Cahaya Agro siap membantu dan memudahkan keinginan Anda untuk membuat mesin berbahan stainless steel yang berkualitas.