Logo Cahaya Agro
Article

FUNGSI DAN MANFAAT MESIN TALI RAFIA

Published 3 months ago

FUNGSI DAN MANFAAT MESIN TALI RAFIA

Pengertian Tali Rafia

Tali rafia adalah tali yang terbuat dari plastik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama karena tali rafia termasuk tali yang kuat serta tersedia dalam berbagai warna.

Sekarang sudah banyak pabrik pembuat tali rafia yang menggunakan plastik sebagai bahan baku atau bahan dasar pembuatan tali tersebut.

Jadi bila ada yang bertanya tali dari plastik namanya apa? jawabannya adalah tali rafia. Tali rafia juga tidak jarang dibuat dari limbah plastik alias berbagai jenis plastik yang sudah tidak terpakai.

Berbagai jenis plastik ini kemudian diolah sedemikian rupa hingga membentuk lembaran panjang yang digulung menjadi tali rafia seperti yang kita kenal selama ini. Dari sekian banyak tali rafia yang beredar di pasaran, sejatinya semua memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

Akan tetapi, ada banyak orang menganggap jika tali rafia yang berwarna hitam merupakan tali yang paling baik kualitasnya karena selain tidak membutuhkan pewarna plastik, tali warna hitam juga cenderung lebih kuat.


Fungsi Dan Manfaat Tali Rafia

Di balik teksturnya yang tidak terlalu tebal, ternyata tali rafia adalah jenis tali yang memiliki berbagai manfaat. Bahkan, manfaat yang dimilikinya terbilang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis tali lainnya. Lantas apa saja manfaat tali rafia, berikut beberapa di antaranya.

Mengikat Barang-Barang Ringan

Tali rafia dikenal luas sebagai salah satu jenis tali dengan kualitas yang baik. Bahannya yang ringan justru tidak menjadi masalah karena sifatnya tidak berserabut dan tidak mudah putus sehingga sangat cocok jika ingin digunakan untuk mengikat berbagai barang.

Anda tentu pernah melihat ikatan barang-barang dengan tali rafia ini, bukan? Seperti kardus, box, buku, dan sebagainya. Contohnya seperti mengikat kardus di motor, atau mengikat kardus makanan seperti kardus Pizza atau domino.

Tentu saja diperlukan simpul atau cara mengikat yang tepat untuk membuat barang-barang tersebut dapat terikat sempurna.