Logo Cahaya Agro
Manfaat dan Nutrisi Kacang Tanah untuk Kesehatan Anda

Manfaat dan Nutrisi Kacang Tanah untuk Kesehatan Anda

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang berasal dari tanaman Leguminosae. Kacang tanah menjadi salah satu sumber makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Kacang Tanah Bermanfaat untuk Kesehatan

Kacang tanah memiliki kandungan berbagai nutrisi, seperti protein, serat, karbohidrat, dan lemak. Kandungan lemak pada kacang di antara 44-56% yang terdiri dari asam oleat dan linoleat. Kacang tanah juga mengandung vitamin dan mineral, seperti biotin, tembaga, folat, fosfor, magnesium, dan vitamin E.

 

Berikut manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh manusia.

 

1. Mengurangi risiko kanker

Kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker. Asupan kacang tanah memiliki kaitan dengan penurunan risiko kanker. Diambil dari beberapa sumber, kacang tanah dapat mengurangi risiko penurunan kanker payudara pada wanita setelah menopause.

 

2. Mencegah pembentukan batu empedu

Kacang tanah berikutnya bermanfaat untuk mencegah munculnya batu empedu. Orang yang mengonsumsi kacang sebanyak lima buah atau lebih memiliki risiko mengidap penyakit batu empedu yang lebih rendah.

 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang tanah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang tanah juga mampu membantu menjaga jantung tetap sehat. Seseorang harus mengonsumsi kacang tanah setidaknya sebanyak 46gram secara rutin untuk memelihara kesehatan jantung, khususnya bagi para pengidap kencing manis.

 

4. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat kacang tanah yang lain ialah membantu mengontrol kadar gula darah. Kacang tanah memiliki indeks glikemik yang rendah, tinggi protein, serat, dan lemak. Kandungan minyak sehat dan magnesium dalam kacang tanah juga bisa membantu mengendalikan gula darah.

 

5. Membantu menurunkan berat badan

Kacang tanah dapat membantu menurunkan berat badan. Meski kacang tanah memiliki kalori yang tinggi, mengonsumsinya tidak akan membuat berat badan bertambah. Kandungan serat dalam kacang tanah yang tinggi membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

 

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Kacang tanah bisa meningkatkan kekuatan tulang. Kandungan fosfor dalam kacang dapat mengoptimalkan kesehatan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang.

 

Dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan, kacang tanah bukan hanya sekedar camilan biasa, didalamnya terkandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan menambahkan kacang tanah ke dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat meraih manfaat kesehatan yang berkelanjutan untuk jangka panjang.